Resep Ayam Goreng Kunyit Renyah


Olahan ayam memang paling juara untuk menemani santap siang atau malam bersama keluarga, salah satunya resep ayam goreng kunyit sederhana ini!
Kelezatan daging ayam memang tidak pernah ada tandingannya, salah satu bahan masakan yang dapat diolah jadi beragam masakan penuh kelezatan.
Jika hanya digoreng seperti biasa, pasti membosankan, mengkombinasikan daging ayam dengan rempah salah satunya kunyit yang mampu menciptakan rasa ayam jadi tidak biasa.
Apalagi ada banyak manfaat yang bisa diambil dari kunyit, mulai dari bisa mengobati penyakit asam lambung, lalu mengurangi gas pada pencernaan sampai meredakan diare.

Persiapkan dulu bahan resep ayam goreng kunyit sederhana ini!

Untuk bahannya sangat mudah didapat, yaitu 1/2 kg daging ayam yang dipotong sesuai dengan selera, 1 sdt garam, 4 siung bawang putih dan 3 cm kunyit.
Selanjutnya siapkan juga 1 sdt ketumbar, kaldu ayam bubuk secukupnya saja, 1 lembar daun jeruk, 1 lembar daun salam dan 1 batang serai yang dimemarkan.
Untuk cara pembuatannya juga mudah!
Langkah pertama, haluskan dahulu seluruh bumbu yang disiapkan sebelumnya, kecuali batang serai, daun jeruk dan juga daun salam.

Kemudian, panaskan minyak diatas wajan, lalu tumis bumbu tadi sampai beraroma harum. Setelah bumbu telah harum, bisa langsung tambahkan air secukupnya.

Selanjutnya, tambahkan batang serai, daun jeruk beserta daun salam, masak sampai jadi mendidih. Barulah masukkan daging ayam yang telah disiapkan.

Barulah aduk merata, lalu tutup wajan berisi ayam tadi hingga kurang lebih selama 30 menit, dan sampai bumbunya benar-benar meresap serta daging ayamnya matang.

Jika ayam telah matang dan bumbunya sudah meresap, bisa angkat ayam dan sisihkan sejenak. Setelah itu, panaskan minyak pada wajan lain yang bersih dan gorenglah ayam sampai berubah warna jadi kuning keemasan.

Setelah selesai, angkat ayam yang sudah matang, baru bisa disajikan selagi masih hangat. Akan lebih nikmat lagi jika ayam goreng yang renyah itu disantap bersama nasi hangat dan sambal.

Sudah ngiler belum melihat resep ayam goreng kunyit sederhana di atas? Kalau sudah, tunggu apa lagi cepat coba membuatnya sendiri untuk kelua rga di rumah.

Komentar