Resep Salad Ala Hokben Ini Enak Banget, Lho!


Siapa sih yang nggak tahu restoran cepat saji khas Jepang yang populer di Indonesia, Hoka-Hoka Bento? Beragam menu bento khas Jepang yang ditawarkan memang selalu menarik untuk dicoba, apalagi harganya pun terjangkay. Namun, yang paling spesial dan tidak pernah absen dari menu Hokben adalah salad atau acar yang selalu disajikan bersama pilihan menu apapun. Terkadang, salad inilah yang paling disukai dari Hokben. Nah, untuk kamu dan anak-anak yang lagi ingin makan salad Hokben, tidak ada salahnya untuk coba membuatnya sendiri di rumah. Gampang banget, lho. Yuk, intip resepnya berikut ini!
Bahan-bahan:
  • Wortel, kupas dan bersihkan
  • Lobak putih, kupas dan bersihkan
  • Cuka
  • Gula
  • Air mineral
  • Mayonaise
  • Saus sambal
Cara membuat:

Acar wortel dan lobak putih

Siapkan wortel dan lobak putih yang sudah dikupas dan dibersihkan. Iris kecil-kecil seperti irisan dalam salad hokben. Kamu dapat mengirisnya dengan food processor, parutan, atau memotongnya manual dengan pisau.

Siapkan panci, isi dengan cuka, gula, dan air. Perbandingan masing-masing bahan adalah 1:2:3. Misalnya cuka 1 gelas, gula 2 gelas, dan air 3 gelas. Kamu bisa menyesuaikan ukurannya setara dengan kebutuhanmu selama perbandingan bahan-bahan tersebut tetap. Panaskan hingga gula larut. Lalu simpan dalam wadah toples, diamkan hingga dingin.

Masukkan:

1. Wadah wortel, tambahkan 1sdm cuka/jeruk nipis, 4sdm air putih matang, 1/2sdt garam, 1sdt gula pasir. Aduk rata

2. Wadah kol, tambahkan 3sdm cuka/jeruk nipis, 12sdm air putih matang, 1sdt garam, 3sdt gula pasir. Aduk rata.

Masukkan irisan wortel dan lobak putih ke dalam larutan yang sudah dingin. Diamkan selama 6 jam atau semalaman di dalam lemari es agar menjadi acar. 
Siapkan mangkuk kecil, campurkan mayonaise dengan saus sambal secukupnya. Jika kamu ingin pedas, kamu bisa tambahkan sedikit lebih banyak.

Campur dengan sedikit cuka untuk rasa yang sedikit lebih asam. Kamu juga bisa menggantinya dengan jeruk nipis untuk rasa yang lebih segar. 

Komentar