Cara membuat Puding Pelangi Kekinian


Puding disukai oleh banyak anak, remaja dan orang dewasa. Semua usia suka makan puding. Dengan begitu banyak rasa dan bentuk yang menarik, puding selalu menjadi makanan yang di gemari. Ada banyak rasa puding, tergantung selera Anda. Anda bisa membuat cokelat, vanila, susu, puding buah, dan sebagainya.
Puding adalah istilah yang digunakan untuk pencuci mulut secara umum di mana kita tidak terbatas pada bahan tertentu. Tapi pada dasarnya, puding adalah makanan di mana bahan makanan cair seperti jus buah, coklat dan lain-lain dikombinasikan dengan pati (biasanya pati jagung) atau gelatin sehingga membentuk benjolan.
Sementara puding pelangi atau rainbow pudding pada dasarnya adalah puding seperti pada umumnya, tetapi cara penyajian dibuat unik. Untuk menambah daya tarik karena penampilannya yang indah, puding dibuat dengan berbagai jenis variasi.
Warna puding pelangi yang indah juga menggoda dan dipadukan dengan aroma buah-buahan atau lainnya yang akan membuat setiap orang senang untuk memakannya dengan segera.


Bahan-bahan Resep Puding Pelangi
Bahan A
Agar- agar : 10 gram
Pake merek swallow globe 1 bungkus yang isi 10 gram. merk lain sering tidak sama tekstur agar-agarnya.
Gula Pasir : 1/2 cup atau sekitar 120 gram
jika tidak terlalu suka yang terlalu manis, resep aslinya pakai 170 gram.
Daun Pandan : 5 lembar
Air : 1 liter
Bahan B
Agar -agar : 1 bungkus isi 10 gram
Gula pasir : 1/2 cup atau sekitar 120gram
Santan : 1 liter dari 1 kelapa
gunakan kara ukuran 500 ml kemudian campur air 500 ml. Santan juga bisa diganti dengan susu cair.
Garam : 1/2 sdt
Bahan C
Pewarna : 4 warna atau sesuai selera mau pakai warna apa dan b erapa jumlahnya

Cara Membuat Puding Pelangi

  • Masak semua bahan bahan A dan B dalam panci terpisah bersamaan, aduk rata sampai gula larut dan mendidik, Kemudian kecilkan api sampai yang paling kecil.
  • Basahi loyang tempat puding dengan air matang supaya puding pelangi nanti gampang dilepas dari loyang.
  • Jikalau ingin membuat puding pelangi 4 warna, tuangkan ke dalam gelas ukuran sebanyak 250 ml agar-agar santan (Bahan B). Kemudian kasih pewarna setetes atau secukupnya.
    Aduk rata hingga rata, kemudian tuang ke dalam loyang. Tunggu sebentar sampai agar-agarnya setengah keras.
  • Sementara menunggu agar lapisan pertama hampir mengeras. Tuang ke dalam gelas ukuran sebanyak 250 ml agar-agar yang tidak pakai santan (Bahan A).
    Kemudain kasih pewarna yang sama seperti lapisan sebelumnya. Aduk rata kemudian tuang ke atas lapisan pertama yang telah luamayan mengeras tadi.
  • Ulangi cara 2 dan 3 sampai agar-agarnya habis.
  • Setelah selesai melapisinya, tunggu sampai dingin atau uap panasnya hilang. Barulah dimasukkan ke dalam kulkas. Biarkan sampai benar-benar mengeras.
  • Puding pelangi akan lebih enak jika disajikan dalma keadaan dingin.

Komentar